Alasan Saya Memilih Investasi Saham Sejak Saat Ini

Setelah sekian lama menganggur karena tak bekerja di PT lagi, saya mulai menyadari betapa pentingnya investasi. Ada rasa sesal kenapa dulu tak berinvestasi saat masih memiliki penghasilan tetap. Saat itu, gaji bulanan hanya saya pakai untuk mencukupi kebutuhan hidup, kesenangan dan sisanya ditabung, yang pada akhirnya tabungan itupun habis begitu saja.

Tak ingin menjadi tua tanpa harta, sejak Agustus 2021, saya putuskan untuk menyisihkan sebagian penghasilan dari blog yang saya kelola untuk diinvestasikan. Jadi, begitu ada transferan masuk dari Google akan langsung saya potong untuk investasi, baru sisanya untuk kebutuhan hidup dan lain-lain.

Adapun jenis investasi yang saya pilih adalah saham. Memang bisa dibilang pengetahuan saya tentang saham benar-benar masih nol, tapi apa salahnya mencoba, kan? Lagi pula sekarang di internet sudah banyak konten tentang saham yang bisa dipelajari secara gratis 😄️

Mengapa saham?

Beberapa alasan yang membuat saya mau investasi saham di antaranya:

1. Modal Kecil

Untuk berinvestasi saham tak harus dengan modal yang besar. Kita bisa memulainya dengan puluhan ribu saja. Memang ada beberapa sekuritas yang mematok minimal jutaan rupiah untuk top-up pertama. Tapi ada juga yang 0 rupiah seperti sekuritas yang saya gunakan.

2. Bisa Dilakukan dan Dipantau secara Online

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, investasi saham bisa dilakukan dari mana saja. Mulai dari pembuatan akun/rekening, memantau harga saham hingga bertransaksi bisa dilakukan secara online. Hemat waktu, hemat tenaga, hemat uang 🤑️

3. Investasi Jangka Panjang

Karena uang yang diinvestasikan tak seberapa, saya berniat untuk menjadikan saham sebagai investasi jangka panjang. Jadi, seperti yang sudah saya katakan di awal artikel, setiap bulannya akan saya tambah beberapa persen dari penghasilan blog yang saya kelola. Yah, itung-itung mempersiapkan tabungan untuk masa depan.

4. Ingin Punya Passive Income

Mungkin masih terlalu jauh jika saya katakan ini sekarang. Tapi harapan ke depan, saham yang saya miliki akan semakin tumbuh dan berkembang sehingga bisa menjadi salah satu sumber passive income dalam buku keuangan saya. Saya sudah tahu resiko terburuk bermain saham, tapi harapan tetap ingin dapat yang terbaik.

Sementara baru ada 4 alasan ini. Mungkin nanti, seiring berjalannya waktu saya akan semakin mengerti dan akan mendapati alasan-alasan lain. Tugas saya sekarang adalah belajar dan terus belajar mengenai investasi jenis ini. Dan semoga nantinya saya bisa rutin membagikan pengalaman saya di blog rindugajian.com yang sedang kamu baca ini.

Tentang sekuritas mana yang saya pakai, akan saya bahas di lain waktu, pada artikel yang berbeda tentunya. Doakan saya agar bisa konsisten dalam menanam saham. Oiya! Jika kamu ada pengalaman tentang saham jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Saya tunggu loh 😉️

Posting Komentar

0 Komentar