Cara Memperpanjang SKCK yang Mati Lebih dari 1 Tahun

Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau yang sering kita singkat SKCK adalah salah satu berkas wajib yang harus ada ketika melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Pelamar kerja mau tidak mau harus membuat SKCK, kecuali kalau cuma melamar kerja di toko dekat rumah cukup dengan mendekati yang punya toko besoknya sudah disuruh kerja :-D

Setiap perusahaan selalu meminta SKCK dalam berkas lamaran yang dibuat oleh pelamar kerja. Tidak ada pengecualian, baik itu lulusan baru maupun yang sudah pernah bekerja, yang nilainya bagus maupun yang nilainya pas-pasan, yang tidak kenal HRD sama sekali, teman atau bahkan saudara HRD sekalipun harus tetap melampirkan SKCK.

Buat yang pernah memiliki, tentu sudah tahu kalau SKCK itu ada masa berlakunya. Dulu, SKCK pertama saya yang dibuat pertengahan tahun 2008 masa berlakunya masih 3 bulan. Kalau sekarang masa berlakunya sudah nambah menjadi 6 bulan terhitung sejak tanggal pembuatan.

Masa berlaku SKCK yang tidak begitu lama membuat kita harus sering memperpanjangnya setiap ada keperluan atau melamar kerja (lagi). Misalnya saja setelah 2 bulan pembuatan SKCK kita diterima bekerja dan dikontrak selama 6 bulan. Itu artinya setelah kontrak habis SKCK sudah mati 2 bulan. Untuk melamar kerja lagi kita harus memperpanjang masa berlakunya terlebih dahulu.

Gambaran di atas baru kontrak kerja 6 bulan. Banyak perusahaan yang mengontrak pekerja untuk 2 kali kontrak hingga 2 tahun. Masa berlaku SKCK yang hanya 6 bulan berarti sudah kadaluarsa lebih dari 1,5 tahun.

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang kadaluarsa kurang dari 1 tahun ataupun lebih dari 1 tahun bisa diperpanjang masa berlakunya. Namun untuk cara dan persyaratannya berbeda. Bagaimana cara memperpanjang SKCK dan apa saja syaratnya? Terus baca artikel ini hingga selesai karena di sini akan saya jelaskan semuanya.

Sebelum menjelaskan cara memperpanjang SKCK, saya akan memberitahu cara membuatnya terlebih dahulu. Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman yang baru pertama kali membuat SKCK khususnya untuk lulusan tahun ini.

Cara membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian

cara memperpanjang SKCK yang sudah mati lebih dari 1 tahun
SKCK

Bagi lulusan baru pastikan sudah mempunyai KTP/kartu identitas lain sebagai syarat permohonan baru SKCK. Buatlah surat keterangan (surat pengantar) dari kelurahan/desa melalui RT. Setelah dari RT bawa surat pengantar tersebut ke RW untuk dicap dan ditandatangani oleh ketua RW. Kemudian bawa surat itu ke kelurahan, berikan surat itu dan nanti akan digantikan dengan surat keterangan dari kelurahan/kelurahan.

Bawa surat keterangan dari kelurahan/desa tersebut ke kantor kecamatan untuk dilegalisir (dicap dan ditandatangani). Setelah itu pergi ke polsek setempat. Karena baru pertama kali membuat SKCK, biasanya kita hanya akan mendapat surat rekomendasi Polsek untuk mengurus SKCK di Polres.

Sebelum berangkat ke Polres, pastikan dulu apakah persyaratan sudah lengkap atau belum dan jangan lupa membawa uang. Adapun persyaratan permohonan baru SKCK adalah sebagai berikut:
  1. Foto Berwarna 4 x 6 sebanyak 6 lembar (background merah, sebaiknya bawa lebih biar aman)
  2. Fotokopi KTP/SIM
  3. Fotokopi Kartu Keluarga
  4. Fotokopi Akta Kelahiran
  5. Surat Keterangan dari Desa/Kelurahan
  6. Surat Rekomendasi Polsek

Sesampai di Polres mintalah Formulir daftar Riwayat Hidup, kemudian isi dengan jelas dan benar. Di sana nanti juga akan dilakukan pengambilan sidik jari oleh petugas untuk dituliskan di SKCK. Ikuti prosedur pengurusan SKCK di Polres dari awal hingga akhir. Sebenarnya jika lancar SKCK akan cepat jadi. Tapi yang saya alami 2 hari baru jadi karena hari pertama saya datang agak siang dan sudah banyak yang mengantri, sampai jam pelayanan ditutup SKCK saya belum jadi. Terpaksa saya melanjutkan keesokan harinya.

Cara memperpanjang masa berlaku SKCK

Agar bisa digunakan, SKCK yang sudah mati harus diperpanjang masa berlakunya. Cek dulu SKCK kita sudah mati berapa lama. Karena ada perbedaan syarat antara SKCK yang sudah mati kurang dari/maksimal 1 tahun dari masanya dengan SKCK yang sudah mati lebih dari 1 tahun.

1. Memperpanjang SKCK mati kurang dari/maksimal 1 tahun

Untuk memperpanjang kita hanya perlu pergi ke Polsek daerah sesuai KTP/SIM kita dengan membawa SKCK asli atau legalisir, fotokopi KTP/SIM, fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi Akta Kelahiran, Foto berwarna (merah) ukuran 4 x 6 sebanyak 3 lembar. Jika tidak ada antrian dan persyaratannya lengkap, perpanjangan SKCK hanya memakan waktu kurang dari 15 menit.

2. Memperpanjang SKCK mati lebih dari 1 tahun

Jika kita memiliki SKCK yang sudah mati lebih dari 1 tahun, prosedur perpanjangannya hampir sama dengan pembuatan SKCK baru. Kita harus meminta surat keterangan dari RT, RW dan Kelurahan yang kemudian harus dilegalisir di kantor kecamatan.

Tidak seperti pembuatan baru, perpanjangan SKCK yang sudah mati lebih dari 1 tahun bisa dilakukan di Polsek dengan membawa SKCK asli/legalisir, fotokopi KTP/SIM, fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi Akta Kelahiran, Foto berwarna 4 x 6 sebanyak 3 lembar dan Surat Keterangan dari Desa/Kelurahan.

Baca Juga: Manfaatkan Androidmu untuk Mencari Penghasilan Tambahan dari Internet

Setelah pembuatan/perpanjang SKCK berhasil sebaiknya langsung kita fotokopi sebanyak 5 lembar untuk dilegalisir. Legalisir SKCK setelah pembuatan tidak dikenai biaya kok (di daerah saya), entah kalau legalisirnya di lain hari gratis atau tidak.


Itulah sedikit informasi tentang cara memperpanjang SKCK yang sudah mati atau kadaluarsa lebih dari 1 tahun. Semoga bisa bermanfaat dan membantu bagi teman-teman yang ingin membuat dan memperpanjang SKCK. Salam amplop coklat...

Posting Komentar

0 Komentar