Alamat Tidak Ada Nomor Rumah? Tenang, PIN Adsense Tetap Sampai

Blogger yang memonetize blognya dengan Google Adsense tentu akan melewati tahap verifikasi alamat melalui PIN yang dikirim ke alamat rumah via pos. PIN Adsense dikirim jika earning atau penghasilan kita sudah mencapai ambang batas. Ambang batas untuk adsense dashboard USD adalah 10 dollar Amerika dan untuk akun yang berdashboard IDR sebesar 130.000 rupiah.


Tujuan Google memverifikasi alamat rumah adalah untuk memastikan bahwa yang menjadi publisher Adsense benar-benar manusia dengan alamat yang benar. Sehingga saat earning sudah mencapai ambang batas pembayaran (USD 100 atau IDR 1.300.000) kita dapat menerima pembayaran tanpa ada masalah.

PIN adsense dikirim kepada semua publisher adsense, baik adsense hosted (blogspot dan youtube) maupun adsense non hosted (blog self hosting). Kita belum bisa menerima pembayaran sebelum memasukkan PIN verifikasi tersebut.

Ketika penghasilan adsense mencapai ambang batas, PIN akan dikirim otomatis tanpa perlu memintanya. Pengalaman saya waktu itu, hari ini mendapat penghasilan IDR 130.000, keesokan harinya ada notifikasi berwarna merah di dashboard adsense berisi informasi PIN adsense telah dikirim. Jadi jangan khawatir kalau penghasilan Anda sudah melebihi ambang batas tapi PIN belum dikirim, cek saja keesokan harinya pasti sudah ada notifikasi PIN dikirim.

Kebetulan saat PIN adsense dikirim saya ada di perantauan. PIN adsense dikirim ke alamat kampung tempat orang tua saya tinggal, tentunya tempat saya lahir dan dibesarkan, tempat yang selalu saya rindukan :lol: Tidak hanya beda kota tapi lain provinsi, saya di Jawa Barat sedangkan kampung saya di Jawa Tengah.

Melihat ada notifikasi pengiriman PIN di dashboard adsense, saya segera menelepon orang tua di sana. Saya berpesan kalau dalam waktu 1-3 minggu lagi akan mendapat sebuah kiriman kertas berwarna putih dari Google. Padahal belum tahu pasti kapan kedatangan PIN adsense ke kampung halaman saya. Entah sampai atau tidak. Agak was was juga, takut PIN tidak sampai.

Satu minggu belum ada kabar, dua minggu belum ada kabar. Alhamdulillah di minggu ketiga sejak pengiriman, PIN adsense sampai di kampung halaman dengan selamat tanpa kurang suatu apapun. Hallaaaah..... Seingat saya PIN dikirim awal bulan sekitar tanggal 5 dan sampai kampung tanggal 19. Karena waktu itu bapak/ibu saya sedang pergi akhirnya PIN resmi diterima tanggal 21.

Begitu bapak/ibu menerima kertas putih dari Google berisi kode ajaib untuk membuka jalur pembayaran adsense, mereka bergegas menghubungi nomor saya. Senang rasanya mendapat kabar itu. Saya minta untuk membukanya pelan-pelan kemudian menyebutkan 6 angka yang tertulis besar di dalamnya.

PIN adsense tetap sampai meskipun alamat tanpa nomor rumah
Isi PIN Adsense
Yes! Berhasil! PIN adsense telah terverifikasi. Itu artinya saya sudah bisa menerima pembayaran kalau earning adsense sudah mencapai/melebihi ambang batas pembayaran. Karena adsense saya dashboard IDR maka saya harus menunggu penghasilan mencapai minimal IDR 1.300.000.

Akun adsense berdashboard IDR hanya (baru bisa) menerima pembayaran melalui transfer kawat/bank. Satu hal lagi yang harus dilakukan sebelum benar-benar bisa menerima pembayaran adalah memverifikasi rekening bank untuk menerima transfer dari hasil adsense tersebut. Saya setting bank di setelan pembayaran adsense, Google akan mengirim PIN verifikasi rekening berupa sejumlah uang (3 digit) dalam beberapa hari ke rekening yang kita daftarkan.

Satu hari kemudian, saya cek transaksi, ternyata PIN verifikasi telah masuk ke rekening. Saya buka setelan pembayaran adsense. Kemudian saya masukkan 3 angka keramat itu. Rekening berhasil diverifikasi. Akhirnya 2 proses verifikasi akun adsense telah berhasil saya lakukan. Kini tinggal menambah jumlah artikel blog agar semakin banyak pengunjung dan banyak klik tentunya, sambil menunggu penghasilan mencapai ambang batas pembayaran.

Tentang penulisan alamat di profil penerima pembayaran adsense

Buat teman-teman yang akan mendaftar adsense, buat teman-teman publisher adsense yang belum menerima PIN, kemarin saya lihat di sebuah grup ada yang bertanya “kalau penulisan alamat tidak lengkap bagaimana (tanpa nomor rumah) nanti PIN sampai atau tidak?” Di sini saya akan coba menjawaban sesuai apa yang pernah saya alami.

Alamat di profil penerima pembayaran sebaiknya ditulis secara lengkap agar bapak pos mudah mencari keberadaan rumah yang dituju. Tulislah mulai dari jalan, nomor rumah, desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan kode pos. Jika tidak ada nama jalan bisa kita ganti dengan dukuh, RT, RW. Jika tidak ada nomor rumah? Ya jangan ditulis. Lihat susunan penulisan alamat di bawah ini:

Alamat:
Mr. X
Kp. Nama Kampung RT 008 RW 002 Nama Desa
Cikarang Barat
Bekasi
Jawa Barat 17530

Susunan alamat seperti di atas persis sekali dengan penulisan alamat di profil penerima pembayaran akun adsense saya. Saya yakin sampai. Karena di kampung saya, bapak pos tidak pernah mengantar surat/kiriman ke alamat yang dituju, melainkan mengantarnya ke balai desa. Nantinya perangkat desa yang akan mengantar surat/kiriman tersebut ke warganya. Beberapa kampung pasti sama seperti kampung saya, tapi kalau kota? Saya tidak bisa menjawabnya :mrgreen:

Bagi teman-teman perantau seperti saya jangan bingung menulis alamat untuk akun adsense. Saran saya tulis saja alamat kampung. Tapi kalau di tempat tinggal sekarang sudah memiliki KTP tulis saja sesuai alamat KTP.

Sebagai informasi tambahan, setelah saya menerima pembayaran adsense melalui transfer kawat tidak ada fee/potongan sama sekali. Mungkin karena akun saya berdashboard IDR. Katanya sih kalau adsense dashboard USD dikenai fee sesuai kebijakan bank masing-masing.

Demikian cerita saya tentang PIN adsense untuk verifikasi alamat rumah dan nomor rekening. Mungkin teman-teman ada pengalaman lain tentang PIN adsense? Silahkan di-share melalui kolom komentar di bawah ini :-D

Posting Komentar

0 Komentar