Susahnya Menukar Uang Baru untuk Lebaran di Bank Kota Lain

Menukar uang baru pecahan kecil untuk lebaran sering dilakukan banyak orang, terutama oleh perantau yang hendak mudik. Nantinya uang tersebut akan dibagikan kepada adik, keponakan atau kerabat yang masih kecil atau yang belum bekerja. Entah siapa yang mengajarkan pertama kali, yang jelas hingga saat ini kebiasaan itu sudah menjadi tradisi :lol:

Menukar uang seratus ribu rupiah atau lima puluh ribu rupiah menjadi uang baru pecahan kecil untuk lebaran bisa dilakukan di beberapa tempat. Selain di kantor cabang bank umum dan bank perkreditan rakyat, menukar uang baru pecahan kecil bisa kita lakukan di mobil layanan penukaran uang terpadu di masing-masing kota.

Untuk penukaran uang baru 2 ribu rupiah, 5 ribu rupiah, 10 ribu rupiah dan 20 ribu rupiah di kantor cabang bank bisa dilakukan sesuai hari dan jam kerja bank tersebut. Sedangkan untuk penukaran di mobil layanan penukaran uang terpadu bisa dilakukan sesuai jadwal dan tempat yang sudah ditentukan. Biasanya mobil layanan penukaran uang terpadu beroperasi di dekat pusat keramaian.

Berapa maksimal penukaran uang baru pecahan kecil untuk lebaran yang bisa dilakukan? Untuk menghindari penyalahgunaan, sekali penukaran uang baru dibatasi maksimal Rp. 3.700.000,- saja. Adapun perinciannya adalah Rp. 20.000,- sebanyak 100 lembar, Rp. 10.000,- sebanyak 100 lembar, Rp. 5.000,- sebanyak 100 lembar dan Rp. 2.000,- sebanyak 100 lembar.

Syarat menukar uang baru di bank adalah penukar sudah menjadi nasabah dari bank tersebut. Penukar yang sudah menjadi nasabah cukup datang ke bank dengan membawa buku tabungan dan sejumlah uang cash yang akan ditukarkan.

Pengalaman menukar uang baru di bank

Dua hari yang lalu, tepatnya tanggal 22 Juni 2016, saya menukar uang baru untuk lebaran di bank. Sebelum berangkat ke bank saya bertemu teman sekitar tempat saya tinggal. Karena minimya pengetahuan, dengan pedenya saya menawari mereka. Saya berpikir apa salahnya mereka nitip tukar uang ke saya. Toh mereka sibuk bekerja, tidak ada waktu untuk pergi ke bank, biar sekalian saja saya yang berangkat ke bank.

Mereka nitip untuk tukar uang 5 ribuan saja. Berangkatlah saya menuju kantor cabang bank yang saya gunakan.

Masuk ke dalam bank saya disambut senyum ramah pak satpam. Kemudian saya ditanya apa keperluannya datang ke sini. Setelah mengatakan ingin menukar uang baru, saya diberi nomor antrian. Nomor antrian saya terima, sebelum duduk saya sempat bertanya apakah bisa tukar uang tanpa uang cash karena menurut info di internet bisa dengan gesek kartu debet? Dijawabnya bisa.

Antrian 20, 21, 22, 23, 24, 25, tibalah nomor antrian saya dipanggil, nomor 26. Setelah mengetahu keperluan saya, teller menanyakan buku tabungan saya. Dibukanya halaman pertama yang berisi informasi tabungan. Kemudian teller mengatakan penukaran uang baru hanya bisa dilakukan maksimal 500ribu karena tabungan milik saya dibuat di kantor cabang kota lain.

Memang saya membuat rekening tabungan itu di Kebumen, kota asli kelahiran saya. Sekarang saya sedang merantau di Jababeka, Cikarang. Tidak hanya beda kota, tapi sudah lain provinsi.

Karena maksimal hanya bisa 500 ribu, saya menukar dengan 100 lembar uang baru 5ribuan. Lumayan lah meskipun tidak bisa menukar uang baru untuk teman saya, minimal saya sudah punya untuk nyawer ponakan di lebaran nanti.

cara menukar uang baru untuk lebaran di bank
Uang baru pecahan 5000 rupiah

Ketika transaksi akan dilakukan, teller menanyakan uang yang akan ditukarkan. Kemudian saya jawab ambil saja dari saldo tabungan. Tapi kata si teller penukaran uang tidak bisa dengan potong saldo, harus dengan uang cash, beda dengan apa yang dikatakan pak satpam tadi. Yowes, mau tidak mau saya harus ke ATM dulu ambil sejumlah uang yang akan ditukarkan.

Urusan tukar uang baru untuk lebaran di bank tersebut sudah beres. Saya pulang, tapi tidak langsung ke rumah. Saya berdiam diri beberapa waktu di kawasan industri Jababeka 1 memikirkan tukar uang baru untuk teman yang titip tadi. Saya masih punya sebuah rekening bank lain, tak ada salahnya saya mencoba tukar uang baru di bank itu.

Saya putar arah menuju bank yang letaknya tak jauh dari bank sebelumnya. Sampai di sana saya sampaikan ke satpam bank bahwa saya ingin menukar uang baru. Satpam langsung menanyakan kantor cabang mana tempat saya membuat rekening. Karena beda kota atau beda cabang (lupa) untuk saat ini saya tidak bisa menukar uang baru di kantor cabang tersebut :cry:

Rekening saya ini dibuatkan perusahaan yang berkantor pusat di Sunter. Saya lupa rekening dibuat di kantor cabang bank Sunter atau Kelapa Gading, yang jelas salah satu dari keduanya. Kata pak satpam untuk saat ini saya tidak bisa tukar uang baru di kantor cabang Jababeka, saya harus tukar uang baru di Sunter atau Kelapa Gading. Kalau benar begitu berarti rekan-rekan kerja yang di pindah ke plan Cibitung senasib dong dengan saya, tidak bisa tukar uang baru di kantor cabang sini.

Yowes lah kalau begitu, terima saja kebijakan yang dibuat oleh masing-masing kantor cabang bank. Kalau tidak bisa tukar uang baru pecahan kecil untuk lebaran hanya karena beda kantor cabang pembuat rekening, yo mendingan nyawer ponakan-ponakan pakai uang biasa saja. Yang penting uang masih laku kalau dibelanjakan.

Saran untuk penukar uang

Untuk teman-teman yang ingin menukar uang baru sebaiknya lakukan di tempat resmi. Menukar uang di kantor cabang bank umum, bank perkreditan rakyat dan mobil layanan penukaran uang terpadu akan lebih aman dan menguntungkan. Karena uang baru yang kita terima sudah jelas keasliannya dan juga tidak dipungut biaya sepeserpun.

Berbeda dengan menukar uang (maaf) ke orang yang menawarkan di pinggir jalan. Memang masih ada yang jujur memberikan uang baru asli dengan potongan (istilahnya biaya jasa) tertentu. Tetapi ditakutkan ada oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan momen ini untuk mencari keuntungan dengan cara menukar uang asli Anda dengan uang palsu. Kalau begitu siapa yang dirugikan?

Itulah tadi informasi mengenai penukaran uang baru pecahan kecil untuk lebaran dan sedikit cerita tentang pengalaman saya menukar uang baru di kantor cabang bank kota lain. Semoga bermanfaat dan selamat nyaweeeeer...... :mrgreen:

Posting Komentar

0 Komentar