Blogger Pemula Juga Bisa Cepat Menghasilkan Uang

Mendapat penghasilan atau uang dari blog adalah salah satu tujuan dari blogger. Apakah Anda termasuk salah satu dari blogger tersebut? Sama dong kalau begitu. Saya juga seorang blogger pemula yang mengharap gaji rutin tiap bulan dari jerih payah dalam mengurus blog. Lumayan kan kalau bisa dapat penghasilan tambahan dari hobi menulis di blog :-D

Tapi kenyataannya, untuk menghasilkan uang dari blog tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Banyak perjuangan dan rintangan yang harus dihadapi dalam mengelola blog hingga menghasilkan. Jika tidak kuat pasti akan menyerah, berhenti menulis dan membiarkan blog tak terurus begitu saja.

Lihat blog ini, saya membuatnya awal bulan Februari 2016. Sampai saat ini baru berisi 14 judul artikel, 100an page view per hari. Blog yang sudah berumur 5 bulan masih miskin konten dan sepi pengunjung, mana layak untuk dipasang iklan agar menghasilkan uang? Ini karena kemalasan saya dalam membuat artikel. Ya, saya mengakuinya.

Tapi saya tidak memikirkan itu, bagi saya menulis di blog ini hanya sebagai pengisi waktu luang. Jika ada waktu dan ada ide saya menulis, kalau tidak ada ya mau nulis apa? Tapi seringnya banyak waktu luang tetapi idenya kosong. Lah terus apa yang mau saya tulis? Ahahaha.... ya gak ada :mrgreen:

Saya mau sedikit cerita tentang kehidupan ngeblog di lingkungan saya. Memang saya masih blogger pemula, tapi boleh lah bercerita sedikit kepada kalian :-)

Sejak awal tahun 2014 saya mulai belajar ngeblog. Hanya sekedar belajar, hingga saat ini masih terus belajar. Melirik blog para master saya iri dan ingin bisa seperti mereka. Setiap bulan mereka mendapat ratusan bahkan ribuan dollar dari blognya. Saya ikut-ikutan nulis, lah kok susahnya minta ampun.

Semangat awal membuat blog sangat menggebu, hampir setiap hari bisa posting minimal 1 artikel. Hingga hari ketujuh saya mulai buntu, mulai kehabisan ide untuk ditulis. Akhirnya blog saya biarkan begitu saja, bahkan sampai lupa password.

Semangat menulis saya muncul kembali setelah banyak mempelajari blog para blogger senior. Untuk menambah semangat menulis, saya mengajak beberapa teman untuk menjadi blogger juga. Mungkin mereka pikir gampang, tapi ternyata kebuntuan ide yang pernah saya alami mereka alami juga. Akhirnya sekarang banyak blog yang mati suri.

Dari kejadian di atas, kini saya bisa menyimpulkan beberapa kesalahan yang kami lakukan sebagai blogger pemula. Seharusnya kami menghindari kesalahan-kesalahan tersebut agar bisa eksis sampai sekarang entah untuk tujuan mencari tambahan penghasilan atau yang lainnya.

Kesalahan yang Harus Hihindari Blogger Pemula

Adapun kesalahan-kesalahan yang harus dihindari blogger pemula agar bisa cepat menghasilkan uang adalah:

1. Mengelola banyak blog

Mengelola banyak blog bagi master blogger sangatlah mudah. Hal itu akan mempercepat dalam mengumpulkan pundi-pundi dollar. Tapi bagi blogger pemula hal ini justru akan menyulitkan. Sebaiknya kita fokus mengelola sebuah blog, jika blog pertama sudah jadi (banyak pengunjung) kita boleh membuat blog-blog baru untuk kita kelola.

2. Memperhatikan trafik, melupakan artikel


cepat menghasilkan uang bagi blogger pemula
Trafik blog

Seperti awal-awal ngeblog yang saya perhatikan setiap hari adalah trafik. Hampir setiap ada kesempatan saya selalu mengecek berapa penayangan blog hari ini. Tapi saya justru melupakan sesuatu yang penting yang akan mendatangkan trafik yaitu artikel. Saya jarang sekali membuat artikel untuk diposting. Padahal semakin banyak konten/artikel dalam sebuah blog akan semakin membuka lebar jalan datangnya pembaca blog. Itu artinya memperbesar kemungkinan meningkatnya trafik sebuah blog.

Bagi blogger pemula sebaiknya fokus ke konten/artikel terlebih dahulu. Jangan menulis satu dua artikel kemudian membagikan link artikel tersebut ke media sosial berulang kali. Memang dengan share link artikel tersebut ke media sosial akan mendatangkan banyak trafik. Tapi alangkah lebih baiknya kita membuat banyak artikel berkualitas untuk isi blog, kemudian biarkan search engine yang bekerja. Kalau sesekali share ke media sosial boleh lah, asal jangan berlebihan. Jangan bangga jadi spammer!!

3.Ngebet pasang iklan di blog

Awalnya saya penasaran dengan cara mendapatkan uang dari bisnis online khususnya dari blog. Saya buat blog kemudian mengisinya dengan beberapa artikel. Baru mendapat sedikit trafik saya sudah berpikir bagaimana cara mendapat uang dari blog tersebut. Blog yang baru bertrafik ratusan saya pasang iklan popup, pop under. Bagaimana hasilnya? Dollar yang saya dapat sedikit, justru trafik blog terjun bebas. Tapi sekarang saya sudah sadar kalau ternyata mayoritas pembaca tidak menyukai iklan jenis ini.

Saya yakin masih banyak yang berpikiran sama seperti saya (waktu itu), ingin cepat mengumpulkan dollar. Saran saya lebih baik buat artikel yang bermanfaat, atur tata letak dan navigasi blog sehingga membuat pembaca betah membaca blog kita. Setelah trafik tinggi barulah blog kita pasang iklan, entah itu adsense, wordads atau iklan lainnya yang jelas kalau bisa jangan pasang iklan popup/pop under.

4. Tergoda dengan bisnis online lain

Jika niatan ngeblog adalah mendapat uang, maka tidak menutup kemungkinan kita akan tergoda dengan bisnis online lain. Banyak macam bisnis online seperti PTC, affiliate marketing, CPA, Paid survey, online shop dan masih banyak lagi. Kesemuanya itu menggiurkan jika kita melihat kisah sukses pelakunya.

Padahal jika kita jalani susahnya sama. Namanya mulai dari nol pasti akan terasa susah. Kita sedang mulai merintis membuat sebuah blog, membaca cerita sukses seseorang dari bisnis online lain kemudian kita tergiur. Kita coba menirunya, blog menjadi terabaikan. Akhirnya blog gagal, eh bisnis online lainnya pun tak menghasilkan. Miris!

Memang ada pelaku beberapa bisnis online sekaligus yang sukses. Menurut saya karena mereka sudah menemukan jalannya. Tapi untuk blogger pemula, kalau sudah niat untuk membuat blog sebaiknya urus dulu blognya. Lihat perkembangannya, kalau sudah lama tapi belum juga menghasilkan baru berpaling ke bisnis lain.

5. Banyak membaca jarang menulis

Blogger adalah penulis. Seorang penulis tentu harus hobi membaca. Membaca buku, koran, majalah atau yang paling murah dan kaya informasi adalah blog/web. Banyak blog/website yang bisa kita baca sepanjang hari secara gratis hanya bermodalkan paket internet.

Kesalahan yang paling banyak dilakukan blogger pemula adalah terlalu banyak membaca blog lain dan lupa membuat konten untuk diposting ke blog sendiri. Boleh saja kagum dengan tulisan di blog lain, tapi jangan sampai lupa untuk membesarkan blog milik kita. Apakah Anda hanya ingin menjadi saksi kisah sukses orang lain?

*****

Inti dari semua yang sudah saya tuliskan di atas adalah agar sebuah blog menjadi besar kita hanya perlu fokus mengelola dengan menyajikan konten/artikel yang bermanfaat bagi para pembacanya. Terus buat sebanyak mungkin artikel yang membantu/memberi informasi kepada pembaca karena trafik berbanding lurus dengan jumlah artikel. Semakin banyak jumlah artikel maka akan semakin tinggi pula trafik yang datang ke blog kita.

Bagi Anda blogger yang masih seperti saya (blogger pemula) tetap semangat menulisnya. Jika rajin mengelola dan mengisi blog dengan konten bermanfaat pasti akan cepat berkembang dalam beberapa bulan. Pasang iklan jika trafik sudah dirasa cukup. Bisa dengan iklan mandiri, adsense, wordads atau lainnya. Khusus untuk yang ingin pasang adsense kalau selalu ditolak saat mendaftar, kita bisa joint venture dengan yang sudah memiliki akun.

Dengan menghindari kesalahan yang sudah saya sebutkan, meskipun tergolong blogger pemula pasti kita bisa dengan cepat menghasilkan uang. Tentu hasil yang kita peroleh tergantung berapa jumlah visitor perhari kita. Semakin tinggi trafik blog maka semakin besar peluang kita untuk mendapatkan hasil yang kita harapkan.

Demikian artikel saya tentang kesalahan yang harus dihindari blogger pemula agar bisa cepat menghasilkan uang. Semoga bermanfaat dan menjadi sebuah motivasi bagi kita semua khususnya saya dan teman-teman yang baru belajar ngeblog. Salam...

Posting Komentar

0 Komentar