Siasatku Menggunakan jaringan 4G tanpa membeli HP 4G

Perkembangan tekhnologi begitu pesat. Dalam waktu yang singkat semua tekhnologi lama tergantikan oleh penemuan-penemuan tekhnologi baru. Mau tak mau kita harus mengikuti, karena tekhnologi bukanlah budaya yang harus selalu dijaga dan dilestarikan. Tekhnologi membuat kehidupan lebih mudah, lebih baik dan semakin maju.

Sepertinya baru kemarin kita menikmati tekhnologi terbaru 3G yang semuanya mengungguli tekhnologi 2G, namun kini telah hadir tekhnologi yang lebih baru yang sudah pasti mengungguli 3G. Jaringan 4G adalah jaringan generasi keempat merupakan tekhnologi terbaru yang saat ini sedang digunakan dan mulai dipromosikan oleh operator seluler di Indonesia.

Sejak awal tahun 2016 operator seluler sudah mulai membuat promo untuk menggiring pelanggannya beralih ke jaringan 4G. Mereka berlomba-lomba membuat promo paket tarif internet 4G yang paling murah. Padahal kalau diamati, area jangkauan jaringan 4G semua operator di Indonesia masih sangat terbatas.

Lokasi yang tercover jaringan 4G masih terbatas, baru menjangkau beberapa kota saja. Memang mereka berkomitmen kedepannya akan terus menambah area jangkauan jaringan 4G dari kota ke kota. Cepat atau lambat? Entahlah, tunggu saja dan nikmati yang sudah ada.

Meski lokasi yang tercover jaringan 4G masih terbatas, namun operator seluler sudah mulai meluncurkan promo untuk tarif internet 4G. Harga paket yang ditawarkanpun sangat menggiurkan. Siapa yang tidak tertarik jika dengan harga paket yang murah akan mendapat kuota internet melimpah ditambah benefit telepon dan SMS gratis selama masa aktif paket tersebut?

Lihat, kartu XL dengan paket seharga 59ribu akan mendapat kuota internet 12 GB + 50 menit telepon ke semua operator. Indosat dengan harga yang sama akan mendapat kuota internet 12 GB + Spotify music tanpa kuota + unlimited nelpon dan SMS ke sesama Indosat. Sedangkan Simpati mematok harga sedikit lebih mahal yaitu mulai 87,5ribu akan mendapat kuota internet 6 GB dan tambahan 60 menit telepon ke sesama untuk 1 hari.

Kabar baik bagi yang berada di area jangkauan 4G operator yang digunakan, kabar buruk bagi yang tinggal di lokasi tanpa jaringan 4G. Kuota pada promo paket internet tersebut dibagi-bagi. Ada kuota yang bisa digunakan di seluruh jaringan (2G/3G/4G) dan ada yang hanya bisa digunakan pada jaringan 4G saja. Bagi yang berada di area jangkauan 4G Anda boleh bersenang hati, pasalnya kuota yang didapat sebagian besar hanya bisa digunakan pada jaringan 4G. Misalnya XL, dari 12 GB total 10 GB adalah kuota khusus jaringan 4G.

Kebetulan sekali saya tinggal di pinggir kawasan industri. Jaringan 4G semua operator cukup kuat di sini. Sayang, hp saya masih bagus tidak mungkin menggantinya karena baru 1 tahunan saya membeli. Hp masih berjalan normal. Spesifikasinya pun tergolong bagus, tidak kalah dengan hp keluaran baru di kelasnya. Bedanya, dengan harga yang sama kalau hp keluaran sekarang sudah 4G, hp saya hanya mentok di 3G.

Caraku Menikmati Kecepatan internet 4G di HP 3G

Saya sudah kebelet ingin mencicipi cepatnya internet menggunakan jaringan 4G. Saya ngiler dengan tarif promo paket internet yang ditawarkan operator. Tapi saya belum mau ganti hp yang masih bagus dengan spesifikasi mumpuni hanya untuk menikmati internet 4G.

Berfikir, menimbang, akhirnya saya putuskan untuk membeli modem 4G. Toh saya masih punya wifi router yang lama tidak terpakai. Nanti tinggal colok modem ke router semua perangkat saya akan bisa menikmati cepatnya jaringan 4G.

Pencarian dimulai, akhirnya saya memilih modem Huawei e3372. Karena malas tawar menawar, saya memilih untuk beli di online shop. Bandingkan harga toko 1 dengan lainnya, saya menemukan yang termurah. Di online shop modem tersebut ditawarkan dengan harga di atas 300ribu. Bahkan ada yang membanderol dengan harga 500ribu lebih. Akhirnya berkat kesabaran saya dapatkan harga termurah, 332ribu dengan ongkos kirim 9ribu.

Order saya lakukan hari Sabtu siang. Karena batas maksimal pengiriman barang 2 hari kerja, barang baru dikirim Selasa sore. Sehari berselang barang sudah sampai. Rabu sore kiriman sudah sampai ke tangan saya.

modem USB jaringan 4G GSM murah
Penampakan Modem 4G Huawei E3372

Box saya buka, alhamdulillah isinya sesuai pesanan (soalnya pernah belanja online isi kiriman gak sesuai pesanan). Kartu dengan paket 4G saya masukkan ke modem, kemudian modem saya tancap ke router. Konek juga akhirnya. Wuuuz...wuuuuz.....

Keuntungan yang Saya Dapat

Dengan membeli modem 4G ini, saya bisa manfaatkan kembali wifi router yang lama tidak terpakai. Meskipun jika menambah uang sedikit lagi saya sudah mendapat mifi, tapi tetap saja hitungannya saya lebih hemat dengan membeli modem ini.

Saya juga lebih menghemat pengeluaran karena tidak perlu mengganti hp. Karena bisa dibilang jika ganti hp sekarang, saya membeli hp dengan spesifikiasi yang hampir sama hanya untuk menambah fitur 4G. Lagipula semakin kedepan tekhnologi akan semakin sempurna, jadi saya nunggu besok-besok saja beli hp barunya.

Dengan modem yang saya pasangkan bersama router, semua perangkat bisa menikmati jaringan 4G meskipun spesifikasinya masih mentok di 3G. Tak jarang ada teman yang ikut numpang “wifian gratis”.

Nah, yang terakhir ini yang paling jadi pertimbangan saya sebelum membeli modem 4G. Saya ingin menggunakan internet 4G dengan harga murah. Coba bandingkan, paket 4G termurah dengan kuota 12 GB selama 30 hari hanya dihargai 59ribu, sedang paket 3G dengan kuota 2 GB didapat dengan harga 60ribuan. Jelas saya pilih yang murah kuota gede, mengingat kebutuhan kuota internet perbulan saya juga lumayan banyak.

Saran

Jika terlanjur beli hp 3G dengan spesifikasi lumayan padahal belum ada setahun, lebih baik Anda beli mifi 4G. Apalagi jika Anda punya hp lebih dari 1 ditambah laptop atau komputer. Lumayan bisa menghemat pengeluaran. Kalau misal nanti saat keluar rumah tidak mau ribet bawa mifi kan bisa beli paket bulanan biasa yang paling murah. Tapi timbang-timbang juga berapa harga mifi, berapa uang yang harus ditambah kalau harus ganti hp. Kalau dirasa nanggung mendingan ganti hp sekalian.

Demikian tadi siasat saya menggunakan jaringan 4G tanpa membeli HP 4G. Bagaimana menurut Anda sependapat dengan saya atau mempunyai siasat lainnya?

Posting Komentar

6 Komentar

  1. klo saya mau pake jaringan 4g yg dibutuhkan area 4g, perangkat 4g dan kartu/paketan 4g agar bisa make jaringan 4g, trus klo saya udah ada area 4gnya sama kartu/paketan 4gnya yg kurang tinggal perangkatnya trs saya cb siasati pake modem 4g sy colokin ke laptop gtu bisa ga nikmati jaringan 4gnya..?

    BalasHapus
  2. area ngedukung 4g, punya paket 4g, tp hape ga ngedukung 4g lalu saya hidupkan hotspot untuk disambung ke laptop bisa ga ?

    BalasHapus
  3. Bolehkan saya tahu tempat belinya dimana? bagi link situsnya, soalnya yang saya temukan kebanyakan yang 500rb

    BalasHapus
  4. Halo sore boleh nanya ttg mifi nya. Mifi saya pake paket xl go dgn kuota utama 6 giga utk 3g dan 4g, dan bonus kuota 4g saja 24 giga. Hp saya cuma bisa 3g aja, apakah saya bisa pake bonus kuota yg 24 giga tadi ?? Saya mohon dengan sangat bantuannya krn klo ga bisa brti saya hrs beli hp baru. Trims

    BalasHapus