Kegiatan Hari Pertama di Tempat Kerja Baru

Pertama, semua orang pasti pernah mengalaminya. Pertama kali bernafas ketika dilahirkan, pertama kali menangis, pertama kali merangkak, pertama kali bisa berdiri, pertama kali berjalan dan pertama -pertama kali yang lainnya. Dalam hidup pasti selalu ada yang pertama.

Begitu juga dengan bekerja. Kita pasti akan melewati hari pertama sebelum melewati hari-hari berikutnya. Setelah lolos medical check up, kemudian membuat ATM, BPJS ketenagakerjaan dan administrasi lainnya kita akan menemui hari pertama di tempat kerja baru itu.

Sebagian perusahaan akan melakukan training beberapa hari di awal penerimaan. Sebagian lagi ada yang langsung diterjunkan ke lapangan untuk bertemu dengan atasan dan pekerjaan yang akan dihadapi.

Nah untuk yang umumnya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar, biasanya akan melakukan training dulu.
Di hari pertama masuk/bergabung dengan perusahaan biasanya akan dilakukan training selama beberapa hari. Lamanya berbeda-beda, tergantung kebijakan perusahaan. Ada yang 3 hari, ada yang 1 minggu, 2 minggu, 1 bulan bahkan sampai 3 bulan.

Yang pernah saya alami, kalau training kurang dari 2 minggu biasanya hanya berada dalam ruangan. Kegiatannya berupa pemberian materi dari perusahaan untuk karyawan baru untuk menambah pengetahuan dan bekal sebelum memasuki area kerja.

Apa saja yang dibahas? Banyaknya materi dan pembahasan tergantung dari lama training tersebut. Di awal pasti akan diperkenalkan tentang profil perusahaan, peraturan perusahaan hingga benefit yang didapatkan oleh karyawan sesuai dengan buku perjanjian kerja bersama yang telah disepakati.

Materi lain kemungkinan akan diberikan tentang 5K atau 5S, pemadam kebakaran, gambaran tentang pemeliharaan mesin dan tempat kerja secara umum dan masih banyak lagi. Sekali lagi materi yang diberikan saat training tergantung dari perusahaan masing-masing. Yang jelas kadang di dalamnya diselingi dengan kegiatan yang akan menambah pengetahuan, kemampuan, mengasah kreativitas dan kerjasama tim.

Apapun isi dari materi training yang diberikan sebaik selalu ikuti dan terimalah dengan baik. Toh itu demi kebaikan kita. Jika ada soal yang harus dikerjakan, kerjakan dengan sungguh-sungguh, jangan berfikir hasilnya tidak akan mempengaruhi apapun karena kita sudah diterima.

Sebagian perusahaan, saat training sudah masuk ke dalam masa kontrak kerja. Sebagian perusahaan lain tidak menghitungnya ke dalam masa kontrak. Jadi selalu persiapkan segalanya dengan baik dan ikuti kegiatan training dengan santai namun serius. Karena training yang tidak masuk ke dalam masa kontrak biasanya masih ada sistem gugur. Jika dari hasil training Anda kurang menurut perusahaan, Anda akan gagal alias tidak jadi dikontrak.

Untuk perusahaan yang training 1-3 bulan, biasanya sudah masuk kontrak dan akan tetap mendapat upah. Tapi ya sebatas masa training itu, bisa lanjut ke kontrak berikutnya atau berhenti sampai di sini. Awal training ini beberapa hari berada diruangan, kemudian sisanya sudah diterjunkan ke lapangan/area kerja.

Apa saja kegiatan hari pertama di tempat kerja baru?

Setelah training di dalam ruangan, karyawan baru akan diterjunkan ke lapangan. Seusai serah terima dari HRD kepada atasan Anda, sekarang Anda resmi bekerja dan memiliki job. Tapi belum jelas apa pekerjaan yang akan Anda pegang.

Di hari pertama masuk ke area kerja, biasanya kita hanya disuruh melakukan 5K. Pegang majun untuk lap-lap mesin, sapu dan pengki, perlengkapan pel, atau bahkan cat. Semua tergantung dari atasan Anda yang memberikan tugas. Pokoknya hari itu sangat membosankan karena kita harus “pura-pura” cleaning padahal sudah bersih, sampai-sampai mesin ada debu sedikit saja ngelapnya bisa 10 menit. Hmmmm... capek dengan kepura-puraan seperti ini.

Tapi tenang, di hari pertama tidak semua pegang perlengkapan 5K seharian kok. Karyawan baru yang beruntung hanya disuruh bersih-bersih 1 atau 2 jam saja. Sisa jam selanjutnya atasan menyuruh untuk berkenalan dengan karyawan lama dan bertanya-tanya tentang pekerjaan yang dihadapi. Lebih beruntung lagi jika begitu serah terima karyawan baru dari HRD ke atasan, ada yang langsung berlatih/memengang job. Biasanya ini terjadi jika saat karyawan baru masuk di area kerja tersebut sedang kekurangan man power.

Demikian tadi sedikit gambaran tentang hari pertama di tempat keja baru. Mungkin Anda punya cerita atau pengalaman tentang hari pertama kerja yang tak terlupakan? Jika berkenan silahkan ceritakan di kolom komentar yang telah disediakan.

Posting Komentar

0 Komentar